Dukung Rukun Tasumaro, APPSI Bitung Sponsori Lomba Pakura

Bitung3704 Dilihat

Sergap24.Com – Bitung (SULUT), Asosiasi Pedagang Seluruh Indonesia (APPSI) Kota Bitung, menunjukan perhatian dan keberpihakannya pada kegiatan pemberdayaan dan keterampilan komunitas Tani dan Nelayan kota Bitung.

Jika sebelumnya APPSI mendukung pelaksanaan sosialisasi UMKM ditingkat sekolah menengah pertama untuk dunia usaha, kali ini dukungan ditunjukkan Organisasi Pedagang tersebut, terhadap profesi nelayan terutama yang tergabung dalam rukun “Tasumaro” Kota Bitung, dengan mensponsori pelaksanaan lomba “Balap Pakura”, yang berlangsung di Pantai dodik, Wangurer Kecamatan Girian Bitung, 21-23/02/04.

 

Ketua Komisariat APPSI Girian Risno Maningggolan menjelaskan, dukungan lomba Pakura ini berhubungan dengan aktivitas kelompok nelayan penangkapan ikan Tuna, yang menggunakan Pakura sebagai alat angkut penangkapan. Kebetulan, APPSI mulai konsen juga dengan komunitas profesi Nelayan, ketika mengaktifkan Organisasi Papera (Pedagang Pejuang Indonesia Raya), dikota Bitung” Ungkap Maninggolan kepada media, usai menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba pakura, saat perayaan Tulude rukun Tasumaro, kawasan pantai Dodik, Jumat 23/02/04.

Menurut Maninggolan, atas arahan DPD APPSI Dan DPC Papera, maka dukungan kegiatan lomba pakura, berhubungan dengan aktivitas komunitas nelayan Kota Bitung, terutama warga keturunan Sanger Philipine, yang telah masuk terdaftar sebagai anggota APPSI / PAPERA.

Maninggolan mengharapkan semoga dengan terorganisirnya kelompok nelayan mampu menghubungkan sejumlah program pemberdayaan Organisasi dikota Bitung, dengan kelompok komunitas UMKM yang sebenarnya memerlukan perhatian lebih dari pemerintah.

Sementara terkait Lomba Pakura, Maninggolan berharap kegiatan yang berhubungan dengan adat ini dilestarikan. Jika bisa, agenda ini menjadi event resmi pemerintah kota, dan mendapatkan dukungan dari instansi tehknis yang berhubungan dengan komunitas nelayan. ***** (Ical)