Bupati Lamsel Kukuhkan Duta Swasembada Lingkungan

Sergap24.com, Lamsel – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengukuhkan Duta Swasembada Lingkungan Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, Jum’at (29/12/2023).

Pengukuhan tersebut berdasarkan surat keputusan Bupati Lampung Selatan Nomor: B/763/IV.11/HK/2023 tentang penetapan duta swasembada lingkungan Kabupaten Lampung Selatan tahun 2023-2024.

Pengukuhan Duta Swasembada Lingkungan tersebut bersamaan dengan pelaksanaan launching gerakan swasembada lingkungan, yang berlangsung di Aula Rimau Bappeda Lampung Selatan.

Pada kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengucapkan selamat kepada Duta Swasembada Lingkungan yang baru saja dikukuhkan.

“Selamat kepada Duta Swasembada Lingkungan, semoga amanah yang diberikan ini dapat dijalankan dengan baik dan dapat membuat perubahan untuk Lampung Selatan,” ucap Nanang.

Nanang berharap, agar Duta Swasembada Lingkungan lingkungan dapat menjadi pendamping masyarakat dalam menumbuh kembangkan kesadaran terhadap adaptasi lingkungan dan mitigasi perubahan iklim.

“Agar dapat menjadi juru promosi, advokasi contoh perilaku ramah lingkungan, menjembatani masyarakat dengan pemerintah daerah dengan kegiatan melestarikan lingkungan dan adaptasi perubahan iklim melalui gerakan swasembada lingkungan,” harapnya.

Sementara, Duta Swasembada Lingkungan Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto menyampaikan, gerakan swasembada lingkungan ini merupakan hal penting. Selain gerakan yang mendukung visi Bupati Lampung Selatan dalam upaya pembangunan sumberdaya manusia melalui gerakan proyek cetak generasi unggul Lampung Selatan, momentum ini juga untuk menerapkan perilaku adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

“Dalam penyelenggaraannya diperlukan kesadaran bersama, pemerintah daerah dengan jajarannya dan masyarakat secara keseluruhan baik dari kabupaten sampai desa harus mengerti tentang pentingnya upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim untuk kehidupan kita,” ujar Winarni.

“Untuk mensukseskan kegiatan gerakan swasembada lingkungan ini, diharapkan kedepannya agar dapat dibuatkan tim, supaya dapat keterlibatan bersama demi mensukseskan kegiatan ini,” tandasnya. (Nzr/kmf)