Cegah Penyebaran DBD Dan Chikungunya, UPTD Puskesmas Kalianda Dan Damkarat Lakukan Fogging Serta Penyuluhan

Sergap24.com, Lamsel – Sebagai upaya mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD), Dinas Kesehatan Lampung Selatan melalui UPTD Puskesmas Kalianda dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DAMKARAT) mengadakan kerja integrasi dengan melakukan penyuluhan DBD dan Chikungunya serta melakukan fogging di Madrasah Ibtidaiyah (MI) BAILUM tepatnya di Jl. Kusuma Bangsa, Kelurahan Kalianda, Kecamatan Kalianda. Selasa (30/01/2024).

Sebelum dilakukan fogging, Nakes Puskesmas Kalianda terlebih dahulu memberikan penyuluhan tentang Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Menguras, Menutup dan Memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang) (3M) Plus kepada murid dan wali murid serta dewan guru yang berada di MI BAILUM.

“Plusnya adalah bentuk upaya pencegahan tambahan seperti memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi, gotong royong membersihkan lingkungan, periksa tempat-tempat penampungan air, meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup, memberikan larvasida pada penampungan air yang susah dikuras, memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancer serta menanam tanaman pengusir nyamuk,”ujar Kepala UPTD Puskesmas Kalianda Ns. Metti Asmira, S.Kep, kepada tim iwoi Lamsel.

Menurut Metti, fogging ini dilakukan karena meningkatnya curah hujan di daerah Kecamatan Kalianda guna mencegah terjadinya perkembangbiakan nyamuk, khususnya di MI Bailum. Pastinya sebelum fogging dilakukan, pihaknya melakukan PSN 3M Plus terlebih dahulu.

“Fogging ini bertujuan untuk membunuh nyamuk dewasa yang aktif berkeliaran serta mencegah terjadinya perkembangbiakan nyamuk, karena semakin meningkatnya curah hujan di daerah Kalianda yang berakibat terjadinya genangan air yang akan menjadi sarang nyamuk,” jelasnya.

Metti menerangkan sebenarnya fogging ini bukan solusi utama. Fogging ini hanya solusi terakhir, karena tidak efektif dan banyak membunuh nyamuk dewasa saja. Namun yang terpenting adalah PSN 3M Plus.

“Mudah-mudahan dengan dilakukannya PSN 3M Plus secara rutin dan dilakukan fogging, kekhawatiran tentang penyakit DBD yang diakibatkan oleh nyamuk ini bisa berkurang dan tuntas,”pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan fogging oleh tim Dinas Damkarat Lampung Selatan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Rully Fikriyansyah bersama 4 personilnya. (Nzr/tim iwoi)