H-1 Tahun Baru 2024 Terpantau Lancar dan Tidak Ada Penumpukan Volume Kendaraan

Sergap24.com, Lampung – Polda Lampung memastikan arus lalu lintas dari Kota Bandar Lampung hingga Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan dan sebaliknya pada H-1 Tahun Baru 2024 terpantau lancar dan tidak ada penumpukan volume kendaraan.

Kepastian itu berdasarkan hasil pantauan udara Helikopter NBO-105 Ditpolairud Polda Lampung, Minggu (31/12/2023). Pemantauan dari Kota Bandar Lampung memuju Pelabuhan Bakauheni itu meliputi ruas jalan tol hingga arteri.

“Pantauan udara mulai Bandar Lampung menuju Bakauheni, terlihat sepanjang jalur tol dan arteri lancar dan aman. Artinya, tidak ada kepadatan atau penumpukan penumpang, semuanya terpantau aman dan lancar,” ujar Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik saat dimintai keterangan.

Bukan hanya jalan tol dan arteri, ia melanjutkan, pemantauan udara juga menelusuri kondisi dan situasi terkini di Pelabuhan Bakauheni.

“Saat ini terlihat kondisi Pelabuhan Bakauheni baik di sisi kapal-kapal, parkiran, arah masuk pintu kapal semuanya terlihat masih dalam situasi lancar dan tidak terlihat kepadatan kendaraan,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, besar kemungkinan kepadatan arus lalu lintas itu baru akan terjadi saat arus balik libur Nataru 2023/2024 mulai 1-2 Januari 2024. Pasalnya, para pemudik berlibur di Lampung dan Sumatera bakal berangsur kembali ke Pulau Jawa.

Antisipasi kepadatan arus lalu lintas juga memungkinkan terjadi dari arah Jawa menuju Sumatera melalu Pelabuhan Bakauheni.

“Setelah mereka selesai berlibur, besar kemungkinan kondisi Bakauheni (pada 1-2 Januari 2023) akan lebih padat dibanding hari biasa,” imbuh dia.

Seiring dengan itu, Umi melanjutkan, pihaknya mengimbau kepada para pengguna jalan atau pemudik dapat mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan mulai dari kondisi fisik prima hingga kesiapan kendaraan.

“Pastikan kelengkapan surat-surat kendaraan. Jangan lupa, isi bensin dan e Tol disiapkan untuk mencegah kendala masuk atau melintasi jalan tol. Bagi hendak menyeberang dari Bakauheni, sangat disarankan beli tiket dari rumah,” pungkasnya.

Ia menambahkan, Polda Lampung bersama stakeholder telah mendirikan sebanyak 60 posko teridiri dari posko pengamanan, posko pelayanan, hinga posko terpadu untuk melayani perjalanan selama periode libur Nataru tahun ini.

“Kami sudah menyiapkan posko-posko di sepanjang rute anda, silahkan dimanfaatkan baik membutuhkan informasi atau sekedar beristirahat sangat dipersilahkan,” tandas kabid humas. (Nzr/hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *