Lima Sasaran Operasi Keselamatan 2024 Polres Lamsel

Sergap24.com, Lamsel — Mulai hari ini Polres Lampung Selatan menggelar Operasi Keselamatan Krakatau 2024 selama 14 hari mulai 4 s/d 17 Maret 2024 di Wilayah Kabupaten Lampung Selatan.

Kegiatan ini diawali denga gelar pasukan yang melibatkan TNI, Pemda, Pelajar dan Komunitas motor, selanjutnya dilaksanakan ikras deklarasi keselamatan dan pemakaian helm bestandar nasional.

“Kegiatan operasi kepolisian ini mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang bersifat edukatif dan persuasive serta humanis, didukung penegakan hukum secara elektronik / teguran simpatik guna meningkatkan simpatik masyarakat” ujar AKBP Yusriandi Yusrin di Lapangan Apel saat memimpin gelar pasukan. Sabtu, 2 maret 2024 sekira pukul 08.00 Wib.

Kasat Lantas Polres Lampung Selatan AKP R. Manggala Agungsri Mahardjo menjelaskan sasaran operasi keselamatan 2024 kali ini yakni :
1. Kendaraan bermotor r2/4 yang menggunakan knalpot tidak sesuai pabrikan (knalpot brong).
2. kendaraan yang tidak standar pabrikan, menambah Panjang rangka atau merubah spektek dan kendaraan barang yang over dimensi dan over loading.
3. kendaraan pribadi yang menggunakan sirine rotator atau strobe bukan peruntukannya.
4. TNKB kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan aturan spektek.
5. Pengemudi atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI.

Adapun upaya – upaya yang akan laksanakan selama operasi keselamatan selama dua pekan kedepan yaitu yang pertama melakukan pembinaan ataupun penyuluhan kepada seluruh pengguna jalan baik dari komunitas komunitas kendaraan, pelajar ataupun pengendara yang menggunakan jalan lainnya.

Kemudian yang kedua akan melaksanakan kegiatan patroli dialogis ditempat – tempat dimana rawan terjadi pelanggaran kemacetan ataupun rawan terjadinya laka-lantas.

Yang ketiga melaksanakan kegiatan penindakan apabila menemukan pelanggaran pelangaran termasuk lima pelanggaran prioritas yaitu dengan menggunakan ETLE atau teguran.

“Kegiatan operasi keselatamatan lalu lintas ini dalam rangka menyongsong operasi ketupat yang akan dilaksanakan pada saat mudi lebaran nanti, sehingga kami menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar selalu tertib berlalu lintas taati aturan berlalu lintas serta tetap utamakan keselamatan berkendara” tutup Kasat Lantas. (Nzr/hms)