Tentukan Awal Ramadan 1445 H, Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung: Hilal Tidak Terlihat di POB Bukit Gelumpai

Sergap24.com, Lamsel – Pemantauan hilal awal Ramadan 1445 Hijriah dilakukan di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Di bumi Khagom Mufakat terdapat dua lokasi yang dijadikan titik pemantauan.

Pertama di Pusat Observasi Bulan (POB) Bukit Gelumpai, Desa Canti, Kecamatan Rajabasa. Lalu di Kampus Itera, Kecamatan Jati Agung.

Di POB Bukit Gelumpai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung melakukan Rukyatul Hilal untuk menentuan 1 Ramadan 1445 Hijriah, Minggu, 10 Maret 2024.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Puji Raharjo mengatakan, pantauan Rukyatul Hilal dilakukan di POB Bukit Gelumpai, Desa Canti, Kecamatan Rajabasa, dari pukul 18.13 WIB hingga 18.16 WIB.

Puji Raharjo bilang, pihaknya belum bisa melihat hilal, baik dengan peralatan optik maupun dengan mata telanjang.

“Hilal tidak terlihat karna tertutup awan. Posisi hilal masih sangat rendah,” kata Puji Raharjo.

Puji Raharjo menambahkan, hasil pengamatan tersebut nantinya akan dilaporkan ke Kementerian Agama pusat untuk menjadi bahan penentuan awal Ramadan.

“Nanti kita tunggu keputusan dari Kementerian Agama RI,” ujar Puji Raharjo.

Pada kesempatan itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Lampung Selatan, Intji Indriati mengatakan, momentum Rukyatul Hilal dapat dijadikan sebagai pedoman resmi dari pemerintah yang bisa menjadi rujukan penentuan 1 Ramadan 1445 hijriah.

“Pemerintah akan terus berupaya memberi kepastian kepada masyarakat. Mengupayakan terjalinnya persatuan dengan pemahaman bersama,” ujar Intji Indriati menyampaikan sambutan Bupati Lampung Selatan.

Intji Indriati juga menyampaikan, melalui Rukyatul Hilal tersebut diharapkan dapat menyatukan perbedaan-perbedaan dalam penentuan 1 Ramadan 1445 Hijriah.

“Apapun hasilnya, kita tetap harus menyimak dan mendengarkan keputusan pemerintah melalui Menteri Agama Republik Indonesia. Apakah malam ini ditetapkan sebagai tanggal 1 Ramadan 1445 hijriah atau belum,” kata Intji.

Sementara itu, pemerintah melalui Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas secara resmi telah mengumumkan 1 Ramadan 1445 Hijriah pada hari Selasa, 12 Maret 2024. (Nzr/kmf)