Begini Tanggapan Ketua KSB Patia Soal Masyarakat Pinta di Buatkan Perahu Rakit Akibat Sering Kena Dampak Banjir

Nasional444 Dilihat

PANDEGLANG|sergap24.com Rakit atau getek adalah alat transportasi sungai yang berupa susunan benda yang bisa mengapung di atas air. Dan rakit merupakan rancangan perahu paling dasar, yang cirinya tidak memiliki mesin untuk di operasikan.

Jenis rakit digerakkan atau di operasikan langsung oleh tenaga manusia menggunakan tongkat atau batang kayu-kayuan, “(08/07/24).

Dikatakan sebut saja Mani (45) warga masyarakat Kecamatan Patia khususnya, Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Dalam hal ini seiring berjalannya waktu, dari tahun ke tahun sampai saat ini khususnya untuk di wilayah Kecamatan Patia sangat miris, karena wilayah Kecamatan Patia ini betul-betul memprihatinkan. Karena sudah tidak aneh serta kaget lagi bahwa di wilayah kami ini dapat di bilang rutin dan atau mempunyai bencana langganan di setiap tahunnya yaitu “BANJIR”, Kata dia.

Maka dengan ini kami warga masyarakat melalui Kampung Siaga Bencana (KSB) memohon dengan sangat, kami warga masyarakat Kecamatan Patia memohon kepada unsur pemerintah baik dari pemerintah Kecamatan Patia, Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Pemerintah Provinsi Banten agar dapat merealisasikan keinginan kami ini untuk dibuatkan perahu rakit seperti yang sudah dijelaskan diatas, “Harapnya.

“Sekali lagi kami ingin di bantu jenis perahu rakit yang berbahan dasar dari drum dan besi, karena menurut kami itu akan lebih kuat pada saat di tumpangi oleh barang seperti sepeda motor dan orang-orang yang ingin melintas pada saat akses terputus oleh banjir. Alhamdulillah kami juga warga sudah mengadukan hal ini yakni permohonan bantuan perahu rakit ini untuk beberapa akses di wilayah Kecamatan Patia yang sering terkena banjir, aduan tersebut di ungkapkan kepada saudara SABDA selaku ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Patia yang saat ini dinilai sangat memberikan gerakan yang positif bagi kami, semenjak di bentuk nya Kampung Siaga Bencana atau biasa disebut KSB ini kami perhatikan pedulinya Pemerintah terhadap kami selaku warga masyarakat menjadi meningkat, soalnya KSB itu ketika adanya warga masyarakat yang terkena musibah langsung turun ke lokasi kejadian bantu korban tanpa menunggu waktu yang lama, “Pungkasnya.

“Disisi lain Sabda (Ketua KSB) Kecamatan Patia mengatakan, bahwa pihaknya sudah menerima keluhan masyarakat kaitan dengan permohonan di buatkannya perahu rakit seperti yang disebutkan oleh warga masyarakat khususnya. “Ya setelah ini Insya Allah kami juga KSB laksanakan penggalangan dana melalui “PROPOSAL” yang akan di tujukan serta di tembuskan kepada pemerintah Desa se Kecamatan Patia, Pemerintah Kecamatan Patia, Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang, Dinas Sosial Provinsi Banten dan Kemensos RI serta para donatur lainnya, hal ini sebagai tindak lanjuti banyaknya permohonan dari Bapak atau Ibu warga masyarakat Kecamatan Patia khususnya yang sering terkena dampak dari bencana alam langganan “BANJIR” khususnya, ” ucap Sabda.

“Selanjutnya semoga apa yang kita harapkan bersama ini dapat segera di realisasikan oleh pemerintah, baik dari Pemkab Pandeglang maupun dari Dinas Sosial Provinsi Banten, syukur-syukur di bantu juga oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia. Sehingga sebelum bencana alam banjir tiba kita sudah punya apa yang kita harapkan itu (Perahu Rakit),” Tutup Sabda. (Tim/red)