Polres Bitung apel gelar pasukan operasi ketupat 2024

sergap24.com || Bitung (SULUT), Kepolisian Resor (Polres) Bitung menggelar Apel Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat- tahun 2024 dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, bertempat di lapangan Apel Mapolres Bitung, Rabu (3/4/2024).

Hadir pada kesempatan itu, Asisten 1 Sekda Kota Bitung Robby Kawengian S.th, S.pd, M.A.P, Kepala Kejaksaan Negeri Bitung Fauzal, SH, MH, Mewakili Dandim 1310-Bitung Pas. Sandi Letda Inf. Isak Mangempis, Mewakili Danyon marhanlan VIII Bitung Pjs Pasi Ops Let. Mar Matondeng Manansang, Ketua Pengadilan Negeri Bitung diwakili oleh Sugeng Triono, SH Hakim Ad-Hoc Perikanan, Waka Polres Bitung Kompol Afrizal Nugroho, S.I.K., M.H, Kadis Perhubungan Pemkot Bitung Oktavianus Kandoli, S.Sos, M.Si, Kabid Tibum Sat Pol PP Pemkot Bitung Vera Kansil, Wakil Ketua Senkom Kota Bitung Albones dan Para Kabag, Kasat dan Kapolsek Perwira Polres Bitung.

Apel yang dipimpin langsung Kapolres Bitung AKBP Albert Zai, S.I.K dan Komandan Apel IPDA Dharu Medianda,S.Trk serta Perwira Apel Kasat Lantas Polres Bitung AKP Riyan Wahyuningtiyas, S.I.K.

 

AKBP Albert Zai SIK MH dalam apel tersebut menyampaikan sambutan dari kapolri, bahwa kesiapan tersebut merupakan wujud sinergitas Polri dengan stakeholder terkait sebagai komitmen nyata dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

“Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H, ” jelas Kapolres

 

Lebih lanjut, AKBP Albert Zai SIK MH menyampaikan, berdasarkan survei Kementerian Perhubungan Republik Indonesia tahun 2024, diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 56,4% dibandingkan tahun 2023.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4% dibandingkan tahun 2023. Berkaitan hal tersebut, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa “Mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali, kenaikannya Hinga 56 persen dibanding tahun yang lalu. Total yang akan mudik 190 juta pemudik tahun ini kurang lebih, ini dari survei. Oleh sebab itu, saya mengimbau, mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal.” Ujarnya

 

Albert Zai menambah, bahwa Berbagai upaya tersebut diharapkan dapat berjalan optimal, sehingga masyarakat dapat merasakan “mudik aman, ceria, penuh makna”. Diharapkan momentum hari raya Idul Fitri ini dapat menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat.

 

“Sebelum mengakhiri amanat ini, tentunya saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Mitra Kamtibmas lainnya yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Ketupat 2024. Sinergisitas seluruh stakeholder terkait merupakan kunci utama untuk mengulangi keberhasilan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun lalu” kata Albert

 

“Sebagai penutup, atas nama Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, saya mengucapkan “Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H” kepada seluruh umat Islam yang merayakan. Semoga kita mampu mendapatkan ampunan dan menyambut hari kemenangan dengan hati yang suci,” tutup Kapolres

 

Terpantau media, Seluruh Rangkaian Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat- tahun 2024 dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 berakhir pukul 08.40 Wita dengan situasi kondusif dan terkendali.

 

“Adapun Perserta Upacara sebagai berikut :”

– 1 TON SUB DENPOM DAN PROPAM POLRES

– 1 TON YONMARHANLAN VII BITUNG

– 1 TON KODIM 1310 BITUNG

– 1 TON SABHARA

– 1 TON LANTAS

– 1 TON GABUNGAN RESKRIM, NARKOBA, DAN SAT INTELKAM

– 1 TON GABUNGAN POLRES DAN POLSEK

– 1 TON DISHUB KOTA BITUNG

– TON KPLP KOTA BITUNG

– 1 TON POL PP PEMKOT BITUNG

– TON BPBD KOTA BITUNG

– TON SENKON

– 1 TON BANSER

(Ical)