Jembatan Kecil Di Desa Sidamukti Jebol Dikeluhkan Warga

Padeglang54 Dilihat

PANDEGLANG,|sergap24.com – Jembatan adalah menghubungkan rute atau lintasan transportasi yang terpisah baik oleh sungai, rawa, danau, selat, saluran, jalan raya, jalan kereta api dan perlintasan lainnya.

Tujuannya, masyarakat dapat dengan mudah mengakses kota atau daerah lainnya untuk mencari pekerjaan, mengakses layanan kesehatan yang lebih baik, dan mengembangkan usaha.

Banyak manfaat dari jembatan yang layak di lalui, salah satunya dari segi perkonomian, jembatan dapat mengurangi biaya transportasi. Dan dari segi efisiensi waktu, dengan adanya jembatan dapat mempersingkat waktu tempuh pada perjalanan darat yang saling terpisah. Jembatan juga dapat meningkatkan daerah tertinggal untuk dapat lebih berhubungan dengan daerah lain dengan mudah.

Namun lain hal nya Jembatan yang ada di kampung Sidamukti Desa Sidamukti Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Pandeglang, kondisinya memprihatinkan bahkan nyaris Jebol dan ambruk.

Sehingga kondisi jembatan tersebut banyak di keluhkan masyarakat sekitar dan pengguna jalan yang melintas.

Dari banyaknya warga yang mengeluhkan kondisi jembatan tersebut, salah satunya di keluhkan Sarkum asal warga Desa Sidamukti bahwa dirinya mengeluhkan saat melewati jembatan tersebut.

“Setiap hari saya melewati jembatan itu selalu di hantui rasa ketakutan, lantaran kondisinya benar benar memprihatinkan, bahkan nyaris Jebol,” keluhnya

Lebih lanjut ia mengungkapkan, saat ini kondisi jembatan di hamparkan Plat besi oleh masyarakat dan pemerintah desa setempat agar tetap bisa dilalui oleh pengguna jalan dan masyarakat pejalan kaki.

“Sebagai masyarakat setempat, kami berharap Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui Dinas terkait terkait agar segera memperbaiki dan membangunkan kembali jembatan yang layak di lalui, sebelum memakan korban,” ucap Sarkum beberapa hari yang lalu

Hal senada dikeluhkan Wawan pengendara mobil yang melintasi jembatan tersebut yang sekaligus masyarakat Desa Sidamukti Kecamatan Sukaresmi, bahwa benar jembatan tersebut kondisinya memprihatinkan bahkan parahnya lagi sudah jebol.

“Benar kang kondisi jembatannya sudah rusak parah bahkan jebol. Ya sebenarnya khawatir sih saat melewati jembatan tersebut, tapi mau gimana lagi karena jembatan itu lah yang bisa mempersingkat waktu untuk menuju ke perkotaan, ada jalan yang lain tapi jauh muternya,” tuturnya

Ia pun menambahkan, sebagai antisipasi sementara, jembatan itu di hamparkan Plat besi.

“Berharap pemerintah dapat segera memperbaiki, sebelum kerusakan jembatan bertambah parah dan memakan korban,” pintanya

Sementara itu, Karsidi SH, Kepala Desa Sidamukti saat dimintai tanggapannya, Sabtu (30/03/2024) bahwa terkait Jembatan yang rusak dan Jebol sudah di laporkan ke Pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Pandeglang.

“Ya itu sudah dilaporkan ke Dinas PUPR Kabupaten Pandeglang,” ujar Kepala Desa Sidamukti (Jaka S/MJB)