Seorang Warga Sakit terpaksa ditandu Sejauh 5 Kilometer Akibat Jalan Yang Menjadi Akses Utama Warga Sulit Untuk Dilalui Kendaraan Roda Empat.

Padeglang863 Dilihat

PANDEGLANG , peristiwa ini dialami Acih (60), warga Kampung Cigebang, Desa Tanjungan, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, peristiwa ini terjadi Senin 8 April 2024.

Acih tak bisa lagi naik kendaraan roda dua. Dan, dia terpaksa ditandu dari Kampungnya itu melewati area perkebunan menuju puskesmas setempat di Kecamatan Cikeusik.

Nampak dari video tersebut orang sakit ditandu oleh warga dengan menggunakan bambu dan sarung. Peristiwa tersebut bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya sudah ada beberapa warga sakit maupun melahirkan terpaksa harus ditandu akibat, jalan desa tak bisa diakses oleh kendaraan mobil.

Hal ini terjadi akibat pembangunan infrastruktur jalan yang tidak memadai di Desa Tanjungan tersebut. Selain itu, kami berharap agar ada pembangunan jalan untuk bisa dilalui kendaraan roda empat yang menyulitkan warga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal.

Rendi warga kampung mengatakan bahwa tetangganya yang tengah sakit hendak dibawa pulang habis dirawat di puskesmas, ditandu lantaran akses jalan yang sulit untuk dilalui kendaraan roda empat apalagi roda dua. Bahkan bukan hanya pulangnya saja ditandu mau berangkat pun ke puskesmas ditandu.

“Iya kemarin itu ditandu susah dilewatin sama motor apalagi mobil enggak bisa, ditambah jalan tersebut licin, yang manggul kemarin dua orang dan diikuti warga lainnya,” ungkapnya.

Karena itu, Acih harus ditandu untuk bisa mendapatkan penanganan lantaran menahan sakit.

Rendi menyampaikan, untuk kendaraan layanan ambulans dari puskesmas tersedia, hanya saja akses jalan yang sulit sehingga terpaksa harus ditandu.

“Iya sebelumnya juga sama kayak gini ditandu, di cigebang ke jalan yang bisa dilalui oleh kendaraan agar orang sakit langsung dibawa ke puskesmas,” katanya.

“Jalan nya rusak udah lama belum ada pembangunan, ada juga pembangunan cor beton seminggu juga sudah rusak apalagi mobil ambulans pasilitas kesehatan juga tidak ada disini mah, padahal pasilitas kesehatan sangat kami butuhkan,” sambungnya.

Acih, yang sedang sakit, akhirnya sudah di bawa pulang kembali dalam keadaan membaik.

Sementara itu Kepala Desa Tanjungan Belum terkonfirmasi sampai ditayangnya Pemberitaan (J. Somantri)