Bupati Rohil Hadiri Acara HKN ke -59 di Bagansiapiapi

Rokan Hilir126 Dilihat

Rohil ,Sergap24.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar berbagai rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023.

Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023 yang mengusung tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju” itu dipusatkan di kantor Dinas Kesehatan, area Perkantoran Batu Enam, Bagansiapiapi.

Dimana, peringatan HKN ke-59 tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP, M.Si, Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, anggota DPRD Rohil Risben, Ketua PKK SanimarAfrizal, Ketua Persit KCK Cab LXXVI Kodim 0321 Rohil Ny.dr.Mery Nugraha Yudha, Danyon Brimob, Kapolsek Bangko Kompol Ihut M.T, Para Dirut RS, Ketua IDI, Ketua IBI, Ketua PPNI serta ketua berbagai organisasi profesi lainnya.

Kadiskes Rohil Afridah dalam sambutannya menyebutkan bahwa sesua tema HKN tahun 2023 juga secara bersamaan dilaksanakan kegiatan jambore kader posyandu.

Adapun tujuan dilaksanakan nya kegiatan ini lanjutnya, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui bakti sosial dan sebagai ajang silaturahmi antara tenaga kesehatan se Kabupaten Rohil.

“Ada hampir seribu orang yang hadir dalam kegiatan ini. Dalam peringatan HKN ini kita juga sekaligus penyerahan akreditasi Puskesmas, akreditasi RS dan klinik,” katanya.

Dalam peringatan HKN ke-59 ini sebut Afridah, juga diselenggarakan berbagai kegiatan bakti sosial kesehatan. Diantaranya donor darah, sunat massal, penyuluhan obat, pemasangan AKBK, fisioterapi dan Germas serta berbagai perlombaan.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP, M.Si dalam sambutannya menyebutkan bahwa, pelayanan kesehatan kepada masyarakat terus selama kepemimpinan nya terus tingkatkan. Sebab katanya, pelayanan kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat.

“Alhamdulillah sudah banyak perubahan dan peningkatan pelayanan kesehatan kita baik di RSUD maupun Puskesmas,” sebutnya.

“Atas nama Pemerintah Daerah, kami menyampaikan ucapan selamat atas peraihan akreditasi baik RSUD, RS, Puskesmas maupun klinik,” kata Bupati.

Indonesia lanjut Bupati, tengah mengalami periode bonus demografi yang terjadi hanya satu kali dalam peradaban sebuah Negara. Kita bangsa Indonesia, harus bekerja keras memanfaatkan peluang ini sebagai momentum Indonesia lolos dari middle-income trap, menjadi Negara berpendapatan tinggi, serta mencapai visi
Indonesia emas 2045.

Manusia Indonesia yang sehat dan cerdas
adalah kunci mencapai masa keemasan itu. Karenanya, tema Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023 yaitu “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju” mutlak kita laksanakan.

Sehingga, Bupati berpesan agar direncanakan pencegahan dan deteksi dini berbagai masalah kesehatan dan penyakit, baik fisik maupun jiwa dengan dilengkapi sumber daya manusia (SDM) di Puskesmas,
Puskesmas Pembantu (Pustu), dan Laboratorium Kesehatan Masyarakat (Labkesmas).

Posyandu terang Bupati, bertujuan untuk menyediakan layanan bagi seluruh siklus hidup mulai dari ibu hamil, bayi balita, anak pra sekolah, usia sekolah dan remaja, usia dewasa dan usia lansia.

“Kader posyandu merupakan garda
meneruskan program kesehatan kepada masyarakat. Ini kekuatan yang luar biasa, tentunya target yang didapatkan,
bagaimana penanganan awal tentang kesehatan kepada warganya dan dapat mengikat tali silaturahmi antara warga,” jelas Bupati.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja kader Posyandu dalam era transformasi layanan primer sebut Bupati, sangat diperlukan pembinaan kualitas kader posyandu. Untuk itu kader posyandu harus terus meningkatkan kapasitas dan
kompetensinya dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

“Saya berharap Kegiatan Jambore Kader Posyandu seperti dapat dilaksanakan secara berkala, minimal satu kali
dalam setahun. Karena jambore kader ini dapat menjadi wadah bagi para kader posyandu, untuk saling berbagi dan bertukar informasi, terkait pengalaman, saran, tips dan program posyandu
terbaru, agar para kader posyandu di masing-masing desa dapat menjalankan program posyandu dengan lebih baik,” pesannya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada kader-kader posyandu yang telah mengabdi diri untuk masyarakat, dan kepada seluruh insan Kesehatan yang sudah mengabdikan dirinya untuk membangun Rokan Hilir yang
sehat.”Saya juga mengapresiasi semangat para kader posyandu, yang tetap melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh keikhlasan, walaupun hanya mendapat insentif yang masih sedikit,” pungkasnya.

Editor.  : Derman Sergap

Sumber : Rls

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *