Pada HKN Ke-59 ,Dinas Kesehatan Rohil Serahkan Sertifikat Akreditasi Puskesmas dan Rumah Sakit

Rokan Hilir225 Dilihat

ROHIL ,Sergap24.com — Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir ( Rohil) melalui Dinas Kesehatan Rohil membagikan Sertifikat Akreditasi dan Reakreditasi 20 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), 5 Rumah Sakit dan 4 klinik pada acara Sempena HKN Ke-59 Tahun 2023, Selasa (28/11/2023) di depan Kantor Dinas Kesehatan Rohil Jalan Lintas Pesisir batu enam Bagansiapiapi, Rohil Propinsi Riau.

Sertifikat Akreditasi dan Reakreditasi 20 puskesmas, 5;Rumah Sakit dan 4 klinik hasil penilaian dari tim surveyor Tahun 2023 langsung diserahkan oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Forkompinda, serta Sekda Rohil Fauzi Efrizal kepada masing masing Kepala Puskesmas dan Direktur rumah sakit maupun klinik.

” Alhamdulillah, nampaknya pelayanan di puskesmas dan Rumah sakit di Rohil sudah semakin meningkat. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil penilaian dan tingkat akreditasi yang diperoleh puskesmas dan Rumah sakit kita di Rohil yang barusan kita bagikan tadi,” kata Afrizal Sintong.

“Kami berharap kerjasama dari seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Rohil untuk terus meningkatkan pelayanan, minimal mempertahankan predikat yang ada. Walaupun sekarang sudah ada beberapa puskesmas dan Rumah sakit yang mendapatkan akreditasi Utama dan Paripurna, jangan terlena dengan apa yang didapat. Pemda akan terus berusaha mensupport fasilitas Kesehatan dan SDM nya dengan penganggaran 20 % dari APBD Rohil dan perekrutan tenaga Kesehatan,” terang Bupati.

Dikatakan Bupati, bahwa Rohil sudah merekrut pegawai PPPK tenaga Kesehatan sebanyak 758 orang. Dan direncanakan pada Tahun 2024 akan direkrut lagi sekitar 1000 tenaga kesehatan, sebab banyak tenaga kesehatan yang sudah lama menjadi honorer, namun tak lulus- lulus mengikuti ujian PPPK.

Kepala Dinas Kesehatan Rohil, Ners Afrida, S.Kep M.Kes menyampaikan bahwa dari 20 Puskesmas dan 5 Rumah sakit yang di nilai oleh tim surveyor Tahun 2023, ada 6 Puskesmas yang mendapatkan tingkat paripurna dan 6 Puskesmas tingkat utama lainnya madya. Sedangkan untuk rumah sakit ada 4 Rumah Sakit dapat tingkat Paripurna dan satu tingkat utama yaitu RSUD DR.Pratomo Bagansiapiapi.

” Alhamdulillah, hasil penilaian akreditasi dan Reakreditasi puskesmas dari tim surveyor yg kami terima untuk Tahun 2023 sangat memuaskan. Ada 6 Puskesmas yang mendapatkan peringkat Paripurna dan 6 yang mendapat peringkat Utama, sisanya tingkat madya dan sebagian lagi belum keluar hasil penilaiannya.

Lanjutnya, ” selain itu ada juga akreditasi rumah sakit , dari 5 Rumah Sakit 4 diantaranya mendapat peringkat Paripurna dan 1 tingkat utama yaitu RSUD RM. Pratomo Bagansiapiapi. Dan ada 3 klinik yang mendapat nilai tingkat utama diantaranya klinik dr. Atan Bagansiapiapi, klinik Bhayangkara Polres Rohil dan klinik PT.Salim Ivomas ,” terangnya mengakhiri. (Der/Rilis)