Deputi Pelayanan Publik Prof. Diah Natalisa, MBA Kunjungi Mapolres Mura

Sumsel255 Dilihat

MUSI RAWAS || SUMSEL sergap24.com

Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH didampingi Wakapolres, Kompol Harsono SH, menyambut Kunjungan Tim Kedeputian Pelayanan Publik KemenPAN RB, ke Mapolres Mura, Jumat (16/6/2023).

Dalam Kunjungan Kerjanya Tim Kedeputian Pelayanan Publik KemenPAN RB diwakili Deputi Pelayanan Publik Prof. Diah Natalisa, MBA, beserta rombongan, Sebelum melakukan kunjungan meninjau Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Musi Rawas yang berada di Kecamatan Muara Beliti.

Kunjungan ini merupakan salah satu langkah KemenPANRB untuk melihat kualitas pelayanan publik dan memastikan secara langsung pelayanan di Gedung SPKT/Endra Dharmalaksana, yang diberikan Polres Musi Rawas, kepada masyarakat.

Turut mendampingi, Kapolres dan Wakapolres diantaranya, Kabag Ren, Kompol Nusirwan, Kasat Intelkam, AKP Rudi Hartono, Kasi Propam, Iptu Susilo, Kasiwas, Iptu Trisno, Kanit Tipidkor, Ipda Hendra serta personel Polres Mura, yang bertugas di Gedung SPKT/Endra Dharmalaksana.

Setiba, di Gedung SPKT/Endra Dharmalaksana, Prof. Diah Natalisa, MBA, beserta rombongan, langsung mengecek, melihat beberapa ruangan langsung beberapa fasilitas pelayanan publik.

Adapun saat pertama datang, Tim Kedeputian Pelayanan Publik KemenPAN RB, langsung mengecek meja pelayanan tamu (Customer Service), kemudian dilanjutkan mengecek kondisi toilet wanita, pelayanan laporan/pengaduan masyarakat, ruangan Command Center, ruangan pelayanan SKCK, ruangan laktasi (Ibu Menyusui) dan lain-lain.

Setelah melakukan pengecekan dan melihat ruangan dan fasilitas pelayanan publik, Prof. Diah Natalisa, MBA, mengapresiasi pelayanan yang ada di Gedung SPKT/Endra Dharmalaksana Polres Mura, karena pelayanan disini semuanya menjadi satu pintu baik pengaduan/laporan, SKCK bahkan ada ruangan Command Center yang mengetahui situasi wilayah Kabupaten Mura, serta ruangan-ruangan pelengkap untuk mempermudah masyarakat saat melakukan pelayanan di Gedung SPKT/Endra Dharmalaksana.

“Dengan, adananya Gedung SPKT/Endra Dharmalaksana di Polres Mura ini, diharapkan dapat menjadi pelayanan publik satu pintu yang dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat,” kata Prof. Diah Natalisa, MBA

Prof. Diah Natalisa, MBA menjelaskan, saat ini terdapat 120 MPP di Indonesia yang telah diresmikan, untuk peresmian MPP ada beberapa hal yang harus dipenuhi, yaitu sarana dan prasarana sudah siap digunakan, instansi yang bergabung sudah siap melakukan operasional, konsultasi dengan Kementrian PAN RB, dan sudah diuji coba melakukan operasional untuk melihat kesiapan seluruh aspek yang ada.

“Namun harus, melaksanakan pelayanan secara Digital yang merupakan pelayanan publik berbasis elektronik Pemerintah Daerah yang terintegrasi dalam satu aplikasi. Oleh sebab itu, kedepannya akan lebih baik, jika Polres Musi Rawas, juga melakukan pelayanan secara Digital, sehingga bisa memberikan pelayanan lebih baik lagi kepada masyarakat disamping harus menambah kekurangan-kekurangan yang ada,” paparnya.

Sementara itu, Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH didampingi Wakapolres, Kompo Harsono SH, menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada Tim Kedeputian Pelayanan Publik KemenPAN RB diwakili Deputi Pelayanan Publik Prof. Diah Natalisa, MBA, beserta rombongan, menyempatkan diri melakukan kunjungan sekaligus mengecek/melihat pelayanan di Gedung SPKT/Endra Dharmalaksana.

“Pastinya, apa yang disampaikan akan dilakukan perbaikan lebih baik lagi, begitu juga pelayanan secara Digital yang merupakan pelayanan publik berbasis elektronik Pemerintah Daerah yang terintegrasi dalam satu aplikasi. Karena pelayanan kepada masyarakat adalah tugas yang tidak kalah penting bagi kami sebagai anggota Polri dalam hal ini Polres Musi Rawas,” kata Kapolres.

Usai melakukan kunjungan sekaligus mengecek/melihat pelayanan di Gedung SPKT/Endra Dharmalaksana, para rombongan langsung menuju lobi depan Mapolres Mura untuk berfoto bersama, dan dalam kesempatan itu juga, Deputi Pelayanan Publik Prof. Diah Natalisa, MBA, memberikan buku pedoman yang berjudul Inovasi Pelayanan Publik Terpilih 2022, kepada Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH disaksikan Wakapolres, Kompol Harsono SH beserta PJU Polres Mura. [ @hs ]