Home » Bitung » Bertajuk Pererat Persaudaraan, Rukun Tasumaro Gelar Upacara Adat tulude Dan Lomba Pakure
Screenshot_2024-02-24-19-28-07-092_com.miui.videoplayer-edit
[Sassy_Social_Share]

Sergap24.Com – Bitung (SULUT), Masyarakat kota Bitung beragam memaknai ucapan ucapan syukur dalam setiap implementasinya pada budaya dan adat setempat. (Sabtu 24/02/2024)

Kaali ini masyarakat Sanger – Philipine yang ada dikota Bitung dalam rukun Tasumaro, menggelar pesta adat Tulude (Tolak tahun).

 

Bertempat dilapangan Pantai Dodik Wangurer Ribuan Warga Tasumaro. mengikuti proses Tulude yang diwarnai dengan pemotongan kue Tamo dan Pembacaan doa dengan menggunakan bahasa adat Sanger dan Talaud, Jumat, 23/02/04.

 

Sejumlah pagelaran kesenian digelar masyarakat rukun Tasumaro seperti penampilan kawula muda rukun dalam tarian modern, setelah terlebih dahulu dilewati beberapa tahap lazimnya kegiatan Tulude.

Ketua Rukun Tasumaro Liezel Macpal kepada warga dan media dalam kegiatan mengaku sangat berterkmakasih dilaksanakannya pesta Tulude bagi rukun Tasumaro. tahun ini menurut Macpal, adakah pagelaran keempat dilaksanakan oleh rukun.

 

” semangatnya adalah persaudaraan yang tidak pernah pudar oleh waktu. Semangat Tasumaro juga adalah kebersamaan yang tidak pernah habis”, Ungkapnya bahagia usai Pesta Tulude usai.

Harapannya, masyarakat Tasumaro mendapatkan berkat sepanjang 2024, sesuai dengan semangat tolak tahun dalam pagelaran Tulude.

 

Sayangnya, Macpal mengaku sedang berjuang agar kegiatan tulude rukun Tasumaro, bisa masuk sebagai bagian dari pesta Adat Masyarakat Kota Bitung. Dia berharap, keberadaan rukun Tasumaro bisa menjadi Benteng penjaga adat istiadat masyarakat Nusa Utara, terutama warga campuran Sangir Ppmhilipine, yang jumlahnya ribuan dikota Bitung.

 

Pada kesempatan itu, Magpal juga mengapresiasi organisasi Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia ( APPSI) Dan Pedagang Pejuang Indonesia Raya (PAPERA) Bitung, yang telah ikut memsponsori salah satu kegiatan Rukun Tasumado dalam memeriahkan Tulude, yaitu Lomba Pakura.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisariat APPSI Pasar Girian yang juga Ketua PAPERA Kecamatan Girian Risno Maninggolan mengaku bersyukur mengikuti seluruh proses dalam upacara adat Tulude.

 

” Ada kesan persahabatan dan persaudaraan dalam kegiatan Tulude rukun Tasumaro ini. sebuah semangat menghargai adat istiadat dari kalangan muda, yang mulai pudar” ,Ucap Maninggolan usai memberikan hadiah lomba Pakura.

Meninggolan menjelaskan, rukun tasumaro dan anggotanya dekat dengan APPSI Dan Papera, karena sebagian besar anggotanya adalah pedagang dan Tani Nelayan yang tergabung dalam Organisasi.

 

” Merupakan kehormatan bagi kami, karena saudara2 rukun Tasumaro yang nota bene pedagang dan Tani Nelayan kota Bitung, adalah angg0ta organisasi”, Tambah Risno yang juga Sekretaris Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Kecamatan Girian.

 

Risno juga berharap, kegiatan ini tetap dilestarikan, dan berjanji akan berjuang agar kegiatan tersebut diakomodir organisasi adat yang menjadi mitra pemerintah, dalam melestarikan budaya Nusa Utara.

 

Kegiatan Tulude Tasumaro diakhiri dengan pesta muda mudi dilokasi kegiatan upacara hingga Larut malam, sebagai bagian dari nafas pergaulan. Semua anggota rukun berharap, budaya Nusa Utara tetap terjaga ditengah derasnya arus modernisasi global.

SEBARKAN

Baja Juga

Comment

News Feed

Tudingan Adanya Praktek Mafia BBM, Pihak PT. BSP: Itu Tidak Benar

Kam, 29 Agu 2024 09:36:38am sergap24.com || Bitung - Agen BBM Non Subsidi P.T Berkat Sahabat Persada, membantah sejumlah pemberitaan yang diunggah media online, terkait adanya...

Dibuat Resah!!! Dituding lakukan penimbunan BBM, Toni Angkat Suara

Rab, 14 Agu 2024 06:42:07am sergap24.com || Bitung - Terkait dengan adanya pemberitaan di salah satu platform media yang menuding dirinya Melakukan kegiatan penimbunan BBM jenis...

Tudingan Miring PT. TME, Herry Mamonto : Kami Sudah Investigasi Dan Perusahan Sudah Sesuai SOP

Jum, 2 Agu 2024 07:24:00am sergap24.com || Bitung, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Trias Politika memastikan bahwa aktivitas usaha Minyak dan Gas (Migas) Bahan Bakar Minyak...

Diduga sering lakukan pemerasan, Oknum Wartawan RRL Dilaporkan Oleh PT. TME

Ming, 28 Jul 2024 01:57:13pm sergap24.com || Bitung ~ beberapa hari ini PT Tri Manguni Energi (TME) sering dibuat resah beredarnya berita di platfrom media yang menyudutkan...

Dituding beberapa Platform media online, IKENG : tuduhan itu tidak benar

Jum, 26 Jul 2024 02:49:21pm sergap24.com || Bitung - Adanya pemberitaan di platform di media online datumpoliticanews.com dan advokatnews.com serta mediahumaspolri.com pada...

Kasus Curanmor : Tim Gabungan Polres Bitung Tangkap Tersangka Remaja 15 Tahun

Jum, 28 Jun 2024 02:57:27pm sergap24.com || Bitung - (Sulut), Tim Tarsius dan Tim Resmob Polres Bitung, berhasil menangkap tersangka remaja 15 tahun karena menggelapkan dua unit...

Tim Sat Res Narkoba Polres Bitung Tangkap 2 Tersangka Pengedar Narkoba Jenis Sabu

Jum, 28 Jun 2024 10:33:49am sergap24.com || Bitung - (Sulut), Penangkapan dan Pengungkapan kasus pengedaran narkoba jenis sabu oleh Kapolres Bitung AKBP Albert Zai SIK, M.H,...

Toreh Prestasi Tingkat Provinsi, SMKN 6 Bitung Maju Ketingkat Nasional

Jum, 28 Jun 2024 06:29:08am sergap24.com || Bitung - (Sulut), Prestasi Membanggakan kembali ditorehkan siswa SMK Negeri 6 Bitung dibawa pimpinan Aripin P. Abas, S.Pd M.Pd,...

DPC Partai Gerindra Kota Bitung, Gelar Konfrensi Pers Terkait Tudingan Berita Miring, Veysco Dandel : Itu Berita Hoaks!!!

Kam, 27 Jun 2024 03:46:15pm sergap24.com || Bitung - (Sulut),DPC Partai Gerindra Kota Bitung Gelar Konfrensi Pers guna mengklarifikasi tudingan berita miring yang beredar, yang...

Sambut HUT Bhayangkara, Polres Bitung Sambangi Pemerhati Kota Bitung, Darma Baginda : Terima Kasih Kapolres Bitung

Kam, 27 Jun 2024 10:34:15am sergap24.com || Bitung - (SULUT), Dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara Ke-78 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2024, Polres Bitung sambangi rumah...

Video Terbaru

Berita Terbaru

Ekonomi Terbaru

Teknologi Terbaru