Pemdes Sumurbatu Salurkan BLT Dana Desa Tahap 1

Padeglang55 Dilihat

PANDEGLANG,- Pemerintah Desa Sumurbatu, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap satu sebesar Rp900 ribu bulan Januari, Februari, Maret, 2024 di kantor desa setempat.

“Semoga dengan bantuan ini warga masyarakat dapat terbantu dalam memenuhi kubutuhan pokok mereka sehari-hari, terutama kepada para lansia,” kata Aef PJS Kepala Desa Sumurbatu , Kamis (17/03/2024).

Aef menuturkan, penyaluran BLT-Dana Desa tahap satu bulan Januari, Februari, Maret, tahun 2024 sendiri diberikan kepada 27 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Mantuyan secara tunai.

Iya melanjutkan, mereka yang menerima BLT dana desa ini tentunya sudah masuk kategori sesuai verfikasi yang dibentuk oleh Pemdes Sumurbatu melalui musyawarah desa.

Sementara kriteria untuk penerima BLT-DD adalah, warga miskin ekstrim, kehilangan mata pencaharian, mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis atau difabel, keluarga yang tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan dan rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia.

“Alhamdulillah mereka sangat merasa terbantu dengan bantuan BLT ini, apalagi saat musim hujan sekarang yang mana mata pencaharian mereka rata-rata petani,” tuturnya.

Selain itu, tujuan pemberian BLT sendiri adalah untuk menanggulangi kemiskinan ekstrim yang ada di desa sekaligus pemulihan ekonomi berupa perlindungan sosial.

Sesuai dengan aturan pemerintah pusat tetap melanjutkan proses pencairan BLT Dana Desa tahap 1 di bulan Maret 2024, dengan memberikan alokasi minimal 10 persen dan maksimal 25 persen yang diawasi Kemendes PDTT. (Jaka S)